Jumat, 25 Oktober 2013

Perubahan permainan Eropa?

Hal ini tidak mudah untuk mendeteksi di mana perdebatan euro berdiri setelah kembali dari liburan di India . Bahkan krisis euro hampir tidak disebutkan dalam The Hindu , salah satu surat kabar India yang paling penting .Namun, saya pikir ada perubahan permainan nyata terjadi tahun ini . Namun, kita dihadapkan dengan banyak masalah , khususnya rincian tentang bagaimana untuk merestrukturisasi utang Yunani , bagaimana membantu Portugal yang akan membutuhkan sekitar 16 miliar euro , dan bagaimana untuk membuat pekerjaan ESM . Tapi tampaknya ada sebuah ketegasan baru dalam kehendak udara dan politik kembali, terutama di Jerman . Koalisi yang memerintah menemukan pendekatan umum dan menunjukkan kesediaan untuk menyelamatkan euro . Contoh terbaru adalah pidato Guido Westerwelle di Washington , di mana ia membela euro dan proyek Eropa seolah-olah hidupnya tergantung pada hal itu .

Di Davos , orang-orang seperti David Cameron , Timothy Geithner atau Christine Lagarde mengkritik strategi krisis Merkel , khususnya fokusnya pada penghematan dan penolakannya untuk meningkatkan ESM luar 500 miliar euro . Memang , ini adalah pakar seo berkualitas masalah serius . Namun, krisis euro tampaknya berada di bawah kendali - mungkin lebih dari sebelumnya . Ada banyak energi politik dalam sistem untuk melakukan sisa bit dan potongan-potongan , bahkan dari perspektif AS.


Lebih penting lagi mungkin : retorika telah berubah . Dewan Uni Eropa minggu ini fokus pada pertumbuhan bukan penghematan - dan itu adalah pertumbuhan yang sangat dibutuhkan di Eropa . Pertanyaan-pertanyaan untuk 2012 karena itu , apakah Euroland mampu dan mau untuk mengatasi ketidakseimbangan perdagangan , untuk mendapatkan serius tentang penyesuaian simetris dan untuk hamil dirinya sebagai salah satu ruang untuk solidaritas , pertumbuhan dan sebagai salah satu rantai nilai industri, singkatnya : sebagai salah satu ekonomi agregat - dan akhirnya menggunakan anggaran Uni Eropa untuk mempromosikan ini dengan cara yang efisien .  


Tidak ada gunanya di Polandia mendapatkan pangsa singa dari dana kohesi ketika ekonomi Polandia tampil cukup baik tetapi Spanyol sedang berjuang . ( kohesi dana sebesar 8,6 miliar euro di Polandia dibandingkan pangsa Spanyol sebesar 5,7 miliar euro) . Kita juga perlu untuk menilai kembali mengapa Yunani hanya 9 ( per kapita ) pada daftar penerima - di belakang Republik Ceko , Slovenia atau Slovakia . Satu-satunya alasan untuk ini adalah bahwa negosiasi anggaran Uni Eropa masih mengikuti prerogatif nasional , bukan berpikir pan-Eropa .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar